2.000 Pulau Kecil RI Terancam Hilang

Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi mengungkapkan sedikitnya 2.000 pulau kecil di wilayah Indonesia terancam hilang. Hal itu diakibatkan kegiatan penambangan yang tidak ramah terhadap lingkungan laut dan daratan.

Hal itu dikemukakannya usai memberikan pidato ilmiah dihadapan ratusan wisudawan sarjana strata 1 (S1), strata 2 (S2) dan diploma III (D3) Universitas Muhammadiyah Malang, Sabtu (29/11/2008).

"Indonesia sudah kehilangan lebih dari 24 pulau kecil termasuk delapan pulau yang berada di kawasan Kepulauan Seribu. Umumnnya pulau yang hilang itu adalah pulau yang tidak berpenghuni," papar Freddy.

Meski demikian, dia mengaku heran lantaran semua pihak terkesan diam, termasuk perguruan tinggi kenapa tidak menghentikan kegiatan yang bisa menghilangkan pulau-pulau kecil itu.

Menurutnya, untuk mendapatkan pengesahan kepemilikan pulau-pulau kecil tersebut, secara bertahap telah mendaftarkan sedikitnya 4.000 pulau ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan 6.000 pulau lainnya menyusul untuk pendaftarannya.

Pulau besar dan kecil di Indonesia yang telah terinventarisasi saat ini sebanyak 17.504 pulau. Apabila tidak ada upaya menghentikan penambangan pasir besar-besaran maupun kegiatan lain yang merugikan, maka 2.000 pulau terancam hilang menyusul 24 pulau yang hilang lebih dulu. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com