Soal SNM PTN Sudah Siap

Pelaksanaan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2009 memang dijadwalkan 1-2 Juli mendatang. Namun, panitia terus mematangkan persiapan teknis pelaksanaan ujian. Setelah buku panduan disusun, tim juga telah menuntaskan pembuatan soal.

Ketua SNM PTN 2009 Prof Haris Supratno menyatakan, penyelesaian soal jauh-jauh hari itu bertujuan agar pelaksanaan nanti tinggal jalan. Pihaknya tidak ingin ada kendala menyangkut soal. ''Semua soal sudah siap. Tinggal dicetak dan didistribusikan saja," katanya.

Dengan selesainya penyusunan soal, itu berarti persiapan SNM PTN tahun depan boleh dikata hampir final. Sebab, soal merupakan salah satu poin penting. Untuk menyusun soal, tim SNM PTN intensif melakukan rapat untuk membahas bahan atau materi yang layak dijadikan pertanyaan-pertanyaan dalam ujian nanti.

Meski soal kini sudah selesai, Haris menjamin tidak akan bocor sebelum hari H pelaksanaan. Sebab, panitia telah mengamankan dokumen itu. Bahkan, para pembuat soal yang terdiri atas perwakilan PTN pun telah disumpah untuk tidak membocorkan soal. ''Dijamin aman. Semua bekerja secara profesional," ujarnya.

Haris menambahkan, soal yang diujikan nanti tidak akan sama dengan soal SNM PTN tahun sebelumnya. ''Sekarang ada kemampuan dasar, tes potensi akademik, dan tes bidang studi prediktif. Tingkat soal lebih sulit,'' ujar rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tersebut.

Ditanya lembaga pengganda soal, Haris belum bisa memastikan. Dia juga belum bisa menyebut jumlah soal yang bakal dicetak karena belum mengetahui secara pasti para pendaftar. ''Hal itu akan dibicarakan nanti jika waktu pelaksanaan SNM PTN dekat," jelasnya.

Pelaksanaan SNM PTN dijadwalkan pada 1-2 Juli 2009. Hari pertama tes kemampuan dasar dan potensi akademik. Pada hari kedua, tes pengetahuan bidang studi prediktif untuk bidang studi IPA dan IPS dengan tingkat kesulitan lebih tinggi daripada soal ujian nasional (unas). Biaya pendaftaran masih Rp 150 ribu untuk pendaftar IPA dan IPS, sedangkan untuk IPC Rp 175 ribu. jawapos.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com