Temu Mahasiswa Teknik Mesin

ACARA temu mahasiswa teknik mesin di kampus ITATS pada 22-23 Desember, diisi dengan beberapa kegiatan menarik. Mulai dari seminar, pameran dan lomba teknologi tepat guna, serta kunjungan industri. Selain berbagi pengetahuan, kegiatan itu juga sekaligus komunikasi antar jurusan tehnik mesih dari berbagai kampus.

''Dengan jaringan komunikasi ini kami berharap bahwa suatu saat nanti ini bisa berguna dalam menciptakan karya,'' kata M. Bagir Asegaf, ketua panitia temu mahasiswa teknik mesin.

Dalam seminar kemarin, salah satu pembicara yang didatangkan adalah Urip Sudirman. Dia adalah penulis buku tentang penggunaan hidrogen dalam air untuk meningkatkan oktan. Hasilnya, pembakaran bensin jadi melambat. ''Sebetulnya ini bukan asli temuan saya, tetapi pembuktian dari temuan-temuan orang lain dengan beberapa modifikasi,'' ujarnya.

Hasil ciptaan itu memang telah banyak digunakan pengendara. Namun, masih jarang ada yang mengetahui cara kerja dan pembuatannya. Yang jelas, ada banyak manfaat yang diperoleh dari alat itu. Di antaranya, menghaluskan suara dan getaran mesin, emisi gas buang lebih ramah lingkungan, dan juga temperatur mesin lebih stabil. jawapos.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com