MIPA UI-Batan Teken MoU

DEPOK - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) Depok, menggelar acara Science Day 2008 yang bertemakan The Cutting Edge of Natural Science.

Pada kesempatan ini, UI melakukan penandatanganan piagam kerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan). Penandatanganan dilakukan Rektor UI Gumilar Somantri dan Kepala Batan Hudi Hastowo di Ruang B101 MIPA UI Kampus Depok, Selasa (16/12/2008).

Gumilar menjelaskan kenapa kerja sama tersebut dijalin karena hampir semua bidang ada ahlinya di UI. Radiologi memerlukan teknik nuklir, karena itu perlu kerja sama dengan Batan. "Kerja sama dengan Batan sudah terjalin 30 tahun dan hari ini hanya formalitas saja," katanya.

Menurut Rektor, kerja sama ini harus menguntungkan keduabelah pihak. "Keuntungan bagi UI adalah dapat memanfaatkan laboratorium dan proyek riset di Batan. Untuk Batan sendiri bisa memperoleh SDM yang terdiri dari doktor-doktor muda dari UI," papar Gumilar.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Perkembangan Riset Iptek Bambang Sapto Pratomosunu mengungkapkan, perkembangan dunia pendidikan di bidang nuklir di UI sudah bagus.

Pasalnya, UI didukung dengan letak geografis Indonesia bagian barat. Hal itu berbeda Jika dibandingkan dengan Indonesia bagian timur yang belum memadai.

Sementara itu ruang lingkup kerja sama UI dan Batan di antaranya pengembangan penggunaan radio-isotop dan radiasi dalam memecahkan masalah-masalah di bidang MIPA dan farmasi.

Kemudian kerja sama penggunaan radio-isotop dan radio-farmaka dalam masalah-masalah pengembangan serta penemuan obat pengembangan radio-farmaka dan aplikasinya untuk tujuan diagnosa dan terapi. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com