UI dan Pemkot Depok Sepakat Bangun Kota Bersama

Penandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Universitas Indonesia (UI) dan Pemerintah Kota Depok adalah bentuk formalitas untuk membangun kota Depok berkesinambungan. Dalam penandatanganan MoU ini juga disaksikan oleh Bappeda Kota Depok, dekan masing-masing fakultas, dan perwakilan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor UI Gumilar Rusliwa Sumantri mengatakan ini adalah langkah formalitas membangun kedekatan yang baik dengan walikota dan juga masyarakat Depok. "UI sudah berdiri di Depok sejak 20 tahun yang lalu dan 50 persen wilayah UI masuk ke Jawa Barat," ujarnya di Gedung Rektorat UI, Senin (22/12/2008).

Masalah yang masih dihadapai Depok adalah kemacetan, terutama di Jalan Margonda Raya karena mobilitas warga Depok yang tinggi dan juga aktivitas mahasiswa. Gumilar menyebutkan ada 40.000 mahasiswa yang kost di sekitar kampus. Selain itu, UI berhubungan langsung dengan PLN Depok dan setiap bulannya UI membayar iuran listrik sebesar Rp700 juta.

"Ini adalah apresiasi untuk walikota, semoga bisa menemukan format baru bagi mahasiswa untuk melaksanakan kuliah kerja nyata, serta dapat menopang pembangunan kota Depok," kata dia.

Sementara Walikota Depok Nurmahmudi Ismail mengatakan, kerja sama ini berupa latihan terhadap aparatur pemerintahan yang bekerja sama dengan ahli-ahli dari UI. MoU ini juga dapat menjadi evaluasi kompetensi dan pelatihan di bidang IT.

Nurmahmudi menambahkan, tingkat urbanisasi di Depok cukup tinggi terutama mahasiswa. Oleh sebab itu diharapkan ekspertis UI dapat membantu secara teoritis maupun implementasi dalam mengatasi problem masalah urban yang biasa melanda kota penyangga ibukota.

"Jadi KKN yang dilakukan mahasiswa kemudian, akan memiliki ajang praktikum, juga dalam pengambilan data-data dibantu oleh pemerintah kota Depok," ujarnya.

Pekerjaan rumah Pemkot Depok adalah keterbelakangan pendidikan, pengangguran, kemiskinan, dan rumah tidak layak huni. Kerja sama dari UI sendiri yang saat ini sedang dilaksanakan adalah riset pengabdian masyarakat tentang kesehatan untuk mencegah penyakit DBD, penelitian UKM yang dilakukan kaum ibu, dan juga kompos pertanian. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com