100 Mahasisiwa UGM Pantau Hewan Kurban

YOGYAKARTA-Sebanyak 100 mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta diterjunkan ke lapangan untuk melakukan pengawasan terhadap kesehatan hewan kurban yang akan dijual kepada masyarakat menjelang Hari Raya Idhul Adha, pekan depan.

"Mereka nantinya akan melakukan pengawasan hewan kurban baik sapi, kambing maupun domba yang dijual pedagang hewan kurban dadakan di pinggir-pingir jalan raya," ujar Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Pemprov Daerah Istimewa Yogyakarta, Daryadi.

Menurutnya, selain menerjunkan 100 mahasiswa UGM, Dinas Pertanian DIY menjelang Idul Adha juga telah memberikan sosialisasi kepada takmir masjid tentang hewan kurban yang layak dan halal, serta memberitahu cara menyembelih hewan kurban yang benar.

"Kita juga mewanti-wanti kepada takmir masjid agar saat menerima hewan kurban ditanyakan surat keterangan kesehatan hewan sebelum hewan tersebut disembelih," tuturnya.

Lebih lanjut Daryadi memperkirakan untuk kebutuhan hewan kurban tahun ini tidak akan jauh beda dengan kebutuhan hewan kurban tahun lalu yang mencapai 9.000 ekor sapi dan 19.000 ekor kambing serta domba.

"Untuk kebutuhan pasokan hewan kurban di DIY ini lebih banyak dipasok dari daerah Jawa Tengah bagian selatan seperti Klaten, Magelang, Purworejo," katanya.

Daryadi menambahkan bagi warga yang ingin membeli hewan kurban dan ingin mengetahui kesehatan hewan secara kasat mata dapat dilihat dari ciri-cirinya antara lain hewan kurban gemuk, mata tidak sayu, tidak ada cacat dalam tubuh hewan.

"Jika saat disembelih ada cacing hati, maka pada hati yang ada cacingnya dihilangkan dan tidak dikonsumsi," pungkasnya. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com