UGM Sabet Gelar Duta Bahasa Nasional 2008

YOGYAKARTA - Dua mahasiswa UGM masing-masing Dhinar Arga Dumadi (Sastra Perancis angkatan 2008) dan Analisa Widyaningrum (Psikologi angkatan 2007) berhasil meraih juara pertama sebagai Duta Bahasa Indonesia tingkat Nasional 2008.

Mereka berdua berhasil menyisihkan 25 peserta lainnya dari seluruh Indonesia terutama bagi generasi muda yang berusia antara 18-25 tahun.

"Kita berhasil meraih juara pertama setelah menyisihkan 25 peserta lainnya," ujar Dhinar di ruang Fortakgama UGM, Jumat (12/12/2008).

Menurut Dhinar, kemenangan mereka sebagai duta bahasa setelah sejak tanggal 20-27 Oktober lalu di Jakarta melalui berbagai tahapan ujian seperti tes kemampuan bahasa Indonesia, bahasa asing dan daerah, hingga pembuatan makalah serta penyajiannya di hadapan dewan juri dari Pusat Bahasa.

Khusus untuk pembuatan makalah, ujar Dhinar, mereka berdua yang satu tim ini membuat sebuah judul yaitu Bahasa Sinetron Sebagai Pemicu Rusaknya Jati Diri Bangsa.

Dalam makalahnya itu mereka menyoroti dampak dari penggunaan bahasa Indonesia terhadap perilaku/kesopanan dan psikologis bagi masyarakat dan anak pada khususnya.

"Bahasa sinetron kita akui banyak yang salah digunakan pada tempatnya, sehingga sering membuat keslahan pula ketika dipraktikan di masyarakat. Ironisnya banyak pula yang secara psikologis menyebabkan efek negatif bagi anak karena bahasanya yang kasar dan tidak sopan," tutur Dhinar.

Analisa Widyaningrum menambahkan setelah berhasil menyabet gelar Duta Bahasa, pada tanggal 28-31 langsung diikutsertakan dalam Kongres Bahasa Indonesia tingkat internasional di Jakarta yang juga diikuti oleh sekitar 20 negara di antaranya China, Australia, dan Jerman.

"Jelas kita bangga karena ternyata bahasa Indonesia di luar negeri sudah diajarkan. Bahkan di China dibuka pula jurusan bahasa Indonesia pada salah satu Universitasnya," terang Analisa.

Dengan kemenangan tersebut mereka berdua berhak mendapatkan hadian piagam, uang pembinaan masing-masing Rp7 juta serta pin emas.

Untuk juara kedua hingga harapan dua dalam lomba memperingati Bulan Bahasa dan Sastra 2008 yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa tersebut yaitu dari Sumatera Barat (Univ Andalas), Jawa Barat, Jawa Timur (UIN Malang dan Unair) serta Sumatera Selatan. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com