Dosen UGM Raih Penghargaan Ilmuwan Muda Dunia

Staf Jurusan Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Deendarlianto berhasil memenangkan George Forster Research Award 2008 dari Alexander von Humboldt Stiftung (Jerman), untuk penelitiannya yang berjudul The Investigation of Counter-current Flow Limitation during The Interaction of Steam-liquid Two Phase Flow in a Pressurized Water Reactor (PWR).

Penghargaan paling prestisius bagi ilmuwan muda sedunia ini, menurut Deendarlianto, berupa penelitian yang bertujuan untuk mendeteksi fenomena perpindahan panas pada peristiwa kecelakaan reaktor nuklir.

"Peristiwa kecelakaan reaktor nuklir diakibatkan oleh kekurangan kuantitas cairan pendingin dan pengembangan model matematis/fisis untuk memprediksinya," kata Deendarlianto di ruang Fortakgama UGM.

Dia menjelaskan sebelum berhasil menyabet penghargaan ini, selama enam bulan dilakukan seleksi dalam dua tahap yaitu evaluasi kapabilitas keilmuwan berdasarkan analisa terhadap kualitas disertasi doktor serta paper ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional yang memiliki impact faktor tinggi.

Seleksi kedua dilakukan berdasarkan jumlah profesor dan negara yang merekomendasikan kandidat penerima award. "Kebetulan dalam tahap ini banyak rekomendasi dari para profesor ternama dari Jerman, Jepang, AS, Rusia dan Indonesia," katanya.

Salah satu keistimewaan award ini ialah jaminan riset yang berkelanjutan bagi penerima award dan institusi tempatnya bekerja. Bentuk dukungannya adalah bantuan literatur, peralatan penelitian dan terbentuknya kerjasama akademis antara UGM dengan lembaga riset Jerman. "Selama dua tahun riset saya akan dibiayai di safety research Institute FZD Jerman," terangnya.

Sementara itu Dr Ir Suhana, DEA selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri FT UGM mengaku bangga atas prestasi yang dicapai Deendarlianto. Pihak jurusan juga mendukung keberangkatannya ke Jerman bulan Maret 2009 mendatang untuk menindaklanjuti hasil riset yang berhasil meraih award itu.

"Ini sekaligus akan mendukung kerjasama yang menguntungkan antara FT UGM dengan Forshungszentrum Dresden (FZD) dan universitas lainnya," kata Suhana. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com