IPB Beri Tips Pastikan Hewan Kurban Sehat

BOGOR-Dosen Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Denny Widaya Lukman memberikan beberapa tips untuk memastikan hewan kurban sehat dan bebas penyakit.

Dia mengatakan calon pembeli hewan kurban disarankan untuk tidak segan meminta Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) kepada penjualnya.

Menurut SKKH ini penting sebagai jaminan bahwa hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat, sehingga aman untuk dikonsumsi mustahiq (penerima daging kurban).

"Para penjual hewan kurban bisa dengan mudah memperoleh SKKH ini di dinas terkait di masing-masing kota. SKKH bisa diperoleh cuma-cuma, alias gratis," katanya seperti dikutip dari IPB online, Kamis (4/12/2008).

Untuk Kota Bogor misalnya, SKKH bisa diperoleh di Dinas Agribisnis, sedangkan di Kabupaten Bogor, SKKH dikeluarkan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan.

Denny juga menyoroti perlakuan penjual kepada hewan kurban dagangannya. Dia menyarankan sebaiknya hewan kurban yang biasanya dijajakan di pinggir jalan tidak terkena sinar matahari secara langsung dan tidak kehujanan.

Sementara itu untuk mengetahui hewan kurban tersebut sehat, Denny menyebutkan beberapa ciri hewan yang sehat dari segi fisik, yakni hewan relatif bersih, bulu mengkilap, mata bersinar, gerakannya aktif dan selalu memberi respon. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com