ITB Juarai Lomba Roket Nasional

Yogyakarta (ANTARA News) - Lomba muatan roket antara perguruan tinggi swasta dan negeri se Indonesia yang dilangsungkan kemarin (30/11) di pantai Pandansimo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dimenangkan oleh mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat.

"Untuk juara kedua dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan juara ketiga dari Universitas Taruma Negara Jakarta. Sedangkan juara 1,2,3 harapan masing- masing diraih Universitas Pancasila Jakarta, Universitas Negeri Subang Jawa Barat dan Universitas Taruma Negara Jakarta," kata sekretaris daerah Kabupaten Bantul, Gendut Sudarta, Senin.

Gendut mengatakan klasifikasi penilaian mulai dari tahap prakualifikasi termasuk persyaratan muatan dan fungsional alat. Juga uji terbang hingga presentasi hasil perancangan.

Sedangkan materi lomba meliputi sistem telemetry dengan sensor percepatan (acceleration) dan tekanan udara (barometic pressure).

Mengenai dukungan terhadap perkembangan kemajuan teknologi, Gendut mengatakan pemerintah Kabupaten Bantul siap memfasilitasi apapun yang terkait terhadap perkembangan teknologi.

"Jika demi kemajuan bangsa dan negara, terutama yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia di bidang pengembangan teknologi, karena masih sangat jarang peminatnya dan Indonesia masih suka tertinggal," katanya.

Gendut menilai pelaksanaan lomba roket tingkat daerah ataupun nasional yang sudah dilakukan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) berulang kali di Kabupaten Bantul sangat positif dan berdampak baik untuk minat dan bakat peserta, selain itu juga akan meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang teknologi.

Lomba roket tersebut merupakan kerja sama dari Lapan, UGM, Pemrintah Kabupaten Bantul dan Akedemi Angkatan Udara. Diikuti 18 universitas swasta dan negeri di Indonesa dan terbagi menjadi 27 tim, satu timnya minimal beranggotakan 2 orang dan maksimal 5 orang. antara.co.id

Template by : kendhin x-template.blogspot.com