UI Gencarkan Kampanye Hijau

Hiruk pikuk kampanye global warning semakin memperkukuh langkah UI dalam menjaga keberlangsungan ekosistem alam yang banyak "diabaikan" masyarakat kota.

Devie Rahmawati, Deputy Director Corporate Communications UI menjelaskan, Kampanye Hijau UI dilaksanakan melalui pengembangan hutan kota dan penerapan sarana transportasi ramah lingkungan.

Dia menjelaskan keindahan Hutan Kota UI akan diarahkan untuk melayani masyarakat melalui program eco-tourism. Konsep ini akan menjadikan Hutan Kota sebagai lokasi sanctuary atau peristirahatan di tengah-tengah kota yang hemat, bersahabat dan menyehatkan.

"Nantinya akan dibangun beberapa klub house, penginapan serta fasilitas olahraga alam bagi pengunjung Hutan Kota," katanya di Depok, Jumat (28/11/2008).

Sementara itu, kata dia, penggunaan sarana transportasi ramah lingkungan. UI memelopori penggunaan sepeda kampus. Saat ini sudah dioperasikan sebanyak 300 sepeda dari target 1000 sepeda kampus. UI saat ini telah membangun trek sepeda sepanjang 10 km dari target 20 km.

Jalur ini akan melewati lima halte kecil dan tiga halte besar yang siap melayani penggunanya. Tidak hanya sepeda, ke depannya, UI berencana membangun jalur trem sepanjang 24 KM (lingkar dalam dan luar) untuk melayani penggunaan transportasi trem.

Dengan adanya solusi mobilitas melalui sepeda, trem dan bis kampus, diharapkan akan terjadi penurunan yang signifikan terhadap penggunaan kendaraan pribadi.

Saat ini, setiap harinya, ada sekitar +/- 4000 kendaraan bermotor yang keluar masuk kampus. Hal ini tentunya menjadi tantangan UI untuk dapat mengurangi polusi udara, demi kesehatan lingkungan. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com