UGM di Serang Angin Puting Beliung

Yogyakarta - Angin puting beliung menerjang kawasan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jumat kemarin. Selain menumbangkan pepohonan, bencana tersebut juga 'merobohkan' koneksi internet di lingkungan kampus dan merusak ratusan komputer internal UGM.

"Tepat saat angin puting beliung melanda, jaringan internet langsung putus," demikian diungkapkan oleh Wiwid, staf di Student Internet Center Fakultas MIPA, UGM.

Ia menambahkan bahwa koneksi baru tersambung pada Kamis ini sekitar pukul sepuluh. Pun demikian, belum semua jaringan internet berhasil dipulihkan, khususnya karena pusat pengendali koneksi internet di UGM rusak.

Hal senada juga diungkap oleh Faizudin Al Hamawi, ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer UGM. Ia mengatakan seluruh koneksi internet di lingkungan kampus putus dan hotspot tidak dapat diakses sampai kini.

Faizudin mengatakan bahwa hal itu disebabkan kantor pusat PPTIK (Pusat Pelayanan Teknologi Informasi) yang mengendalikan koneksi internet kampus di UGM mengalami kerusakan cukup parah. Hal tersebut mengakibatkan koneksi internet di lingkungan kampus macet.

Menurut keterangan Bambang Prastowo selaku kepala PPTIK, koneksi internet di UGM diharapkan bisa dipulihkan sore ini. Memang seperti diberitakan, tower pengendali jaringan wireless roboh. Namun untuk jaringan internet melalui kabel sedang dalam tahap perbaikan oleh teknisi.

Ditambahkan Bambang bahwa ratusan komputer di lingkungan internal kampus UGM juga mengalami kerusakan sebagai dampak bencana angin. Namun menurutnya, berbagai data penting masih bisa terselamatkan.

Adapun untuk warnet umum di sekitar UGM, aktivitas berjalan seperti biasa. Menurut operator warnet Net2U, Ari, koneksi internet tak begitu terganggu saat ada angin melanda. Hal senada juga diungkapkan pihak warnet Hasil di dekat lembah UGM yang menyatakan koneksi tetap normal.(detik.com)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com