Pelatihan Akuntansi Terpadu Untuk Guru-Guru Sma & Smk Se- Malang Raya

Kemarin Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya mengadakan Pelatihan Akuntansi Terpadu Untuk Guru-Guru SMA dan SMK se-Malang Raya yang bertempat di Ruang Sidang Utama dan Laboratorium Komputer 5 FE UB. Pelatihan akuntansi terpadu bagi guru-guru SMA dan SMU ini merupakan salah satu bentuk program pengabdian masyarakat yang dikelola oleh Jurusan Akuntansi FE UB.

Dalam sambutannya, Gugus Irianto, SE, M.Ak, Ph.D, selaku Pembantun Dekan III FE UB, mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan sarana untuk sharing ilmu khususnya bidang akuntansi. Peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut antara lain perwakilan dari SMA 1 Malang, SMA 2 Malang, SMA 4 Malang, SMA 6 Malang, SMA 9 Malang, SMA 10 Malang, SMA 1 Batu, SMKN 1 Janti, SMKN 12 Malang, SMK Salahudin, SMKN 1 Turen, SMA Frateran Malang, SMK PGRI 2 Malang, SMA Muhammadiyah 1 Malang, SMA Lab. UM Malang, dan Brawijaya Smart School. Pemateri dalam pelatihan akuntansi terpadu tersebut yaitu Gugus Irianto, SE, M.Ak, Ph.D dan Lutfi Haris, SE, M.Ak,. Ak.

Dalam materi yang pertama, dibahas mengenai siklus akuntansi seperti penjurnalan hingga posting ke buku besar. Peserta diberikan soal berupa kasus untuk dikerjakan secara manual dan dibahas bersama-sama dengan bimbingan Gugus Irianto, SE, M.Ak, Ph.D dan dibantu 2 mahasiswi Jurusan Akuntansi FE UB. Materi pertama ini sekaligus sebagai pembanding, efisiensi waktu antara dua model penyelesaian, yaitu manual dan dengan software MYOB. Materi kedua yaitu berupa pengenalan dan simulasi mengenai penggunaan software akuntansi MYOB oleh Lutfi Haris, SE, M.Ak,. Ak yang diberikan di Ruang Laboratorium Komputer 5 FE UB. Software MYOB yang digunakan adalah MYOB 10.5. Software ini merupakan cara praktis dan efisien dalam menyelesaikan persoalan-persoalan akuntansi.

Pelatihan ini disambut baik dan positif oleh peserta, antusiasme peserta mengikuti pelatihan ini tergambar dari aktifnya peserta dalam mengikuti setiap materi yang diberikan. Diakhir kegiatan, pihak Jurusan Akuntansi FE UB menyerahkan Sertifikat Keikutsertaan kepada para guru SMA dan SMK peserta pelatihan.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com