ITS gelar Pelayaran IPTEK

ITS akan gelar Pelayaran Iptek yang dikhususkan untuk Mahasiswa Baru Fakultas Teknologi Kelautan (FTK). Untuk mempersiapkan pelayaran ini, ITS langsung berkunjung ke Markas Armada Maritim.

Rombongan yang dipimpin Rektor ITS, Prof Ir Priyo Suprobo MS PhD ini langsung ditemui Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Surabaya Laksamana Muda Lili Supramono.

Maksud kedatangan tersebut tak lain adalah menyampaikan keinginan ITS untuk bekerja sama dalam rangka Pelayaran Iptek nanti. Rencananya pelayaran tersebut akan dihelat tanggal 14 Nopember ini. Nantinya para Mahasiswa Baru dari Jurusan Teknik Kelautan, Sistem Perkapalan, dan Teknik Perkapalan ini dikenalkan langsung pada kapal yang sebenarnya.

Kedatangan ini disambut baik Laksamana Muda Lili Supramono. Panglima Koarmaritim ini pun juga banyak berharap agar terjalin kerjasama yang erat dengan pihak akademisi. Ada banyak teknologi baru dalam kapal kita, seperti stabilistasion kapal dengan bahan liquid. Selain itu nanti mahasiswa juga bisa melihat pemanasan mesin kapal sebelum digunakan,ujarnya.

Pelayaran Iptek sendiri sudah dihelat sebanyak tiga kali. Tujuan awal kita ingin mengenalkan tentang seluk beluk kapal pada mahasiswa baru FTK, kata Ir Hasan Ikhwani MSc Pembantu Dekan III FTK.

Di pelayaran nanti, lanjut Hasan, mahasiswa dapat langsung merasakan atmosfer kapal yang sebenarnya. Selama ini mahasiswa baru masih diperlihatkan tampilan gambar-gambar saja lewat kuliah di kelas, tambah dosen FTK ini.

Dalam rombongan ini turut pula perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan. Siswanto, Menteri Riset dan Teknologi BEM FTK mengatakan agenda Pelayaran Iptek tersebut sangat penting bagi Mahasiswa Baru. Harapannya Maba akan memperoleh pengetahuan awal secara nyata mengenai ilmu yang akan mereka pelajari selama empat tahun kuliah, ungkap Siswanto lagi.

Selain mahasiswa baru, pelayaran ini juga akan diikuti oleh dosen pembimbing, pejabat FTK sebagai pengamat, dan mahasiswa senior sebagai pemandu. Pelayaran Iptek ini sendiri merupakan salah satu materi dari perkuliahan mata kuliah pengantar Iptek. (sir)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com