AAKN Miliki Laboratorium Sitohistologi

Akademi Analis Kesehatan Nasional (AAKN) Surakarta merupakan satu-satunya akademi kesehatan di Surakarta yang memiliki laboratorium Sitohistologi. Dengan laboraturium tersebut, lulusan AAKN tidak perlu lagi magang setahun setelah lulus untuk menguasai kemampuan analis pemeriksaan analogi patologi. Analisis itu diperlukan guna menentukan ganas tidaknya tumor atau kanker yang diderita pasien.
Menurut Direktur AAKN, dokter Lucia Sincu Gunawan, saat ditemui setelah peresmian Laboraturium Sitohistologi, Kamis (6/11) mengatakan, keberadaan laboraturium tersebut sebagai nilai plus AAKKN. Pasalnya saat ini lulusan AAKN dibekali kemampuan analisis, sehingga nantinya setelah lulus langsung siap pakai. “Dengan adanya laboratorium ini, maka materi analogi patologi, seperti analisis kanker atau pap smear dapat dilakukan,” jelas Lucia.
Laboratuium itu juga dapat digunakan untuk pemeriksaan analogi patologi yang lain misalkan patologi klinis seperti periksa sample urine, mikro biologi, parasitologi (infeksi jamur), maupun analisa kimia.
Didik Wahyudi SSi, Pembantu Direktur Bidang Akademik menambahkan, keberadaan laboraturium meski sangat lengkap, namun belum mengarah pada upaya komersialisasi. Pasalnya laboraturium dibangun dan diperuntukan bagi peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa akademi.
Sementara itu menurut Wimpy AMd, staf laboraturium, melalui laboratorium itu mahasiswa dapat belajar dari sample jaringan yang terkena kanker. Lantas dipotong macros untuk mencari letak keganasannya, dan kemudia diambil suspect untuk dilakukan pemeriksaan preparat atau persediaan bahan mentah sample jaringan.
Intinya, lanjut dia, mahasiswa di laboratorium bakal diajari bagaimana menerima sample dari rumah sakit maupun klinik, kemudian mengolah hingga menjadi preparat yang siap untuk diuji oleh dokter ahlinya.
“Tidak semua akademi memiliki laboraturium ini, pasalnya selain peralatannya, persediaan bahannya juga mahal,” terang dia. (ono)(sumber: www.harianjoglosemar.com)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com