Minta Pembenahan BEM-UNMER Segel kampus

MADIUN-Kampus Universitas Merdeka (Unmer) Madiun bergolak. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berunjuk rasa menuntut penunjukkan rektor baru dan pembenahan pengelolaan kampus.

Dalam unjuk rasa ini, mahasiswa memboikot kegiatan perkuliahan dan menyegel seluruh pintu ruang kuliah dan pintu masuk ke dalam kampus. Saat memulai aksi, mahasiswa sempat melakukan sweeping masuk ke dalam ruang-ruang kuliah sambil mengajak mahasiswa lainnya ikut dalam aksi.

Selanjutnya, mereka juga menempel kertas di pintu ruang perkuliahan dengan tulisan "Kegiatan kuliah hari ini berhenti." Massa mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan itu kemudian bergerak mengelilingi kampus sambil berorasi dan membentangkan poster dan spanduk yang berisi tuntutan agar segera ditunjuk rektor baru yang definitif dan pembenahan pengelolaan Unmer.

Menurut Ahmad Nasrudin, Presiden BEM Unmer, sejak bulan April 2008, pejabat rektor di isi oleh penjabat sementara (Pjs) Rektor, Suwito Sugianto, untuk menggantikan Rektor Sugeng Rismiato yang mengundurkan diri karena ikut pencalonan Wakil Walikota Madiun.

Sugeng Rismiyanto yang bergandengan dengan calon Walikota, Bambang Irianto, telah ditetapkan sebagai calon terpilih dalam Pemilihan Walikota (Pilwali) Kota Madiun pada 23 Oktober 2008.

Padahal, kata Nasrudin, sesuai prosedur (statuta) Pjs rektor hanya boleh menjabat selama tiga bulan. Sedangkan, sampai akan habisnya masa jabatan Pjs Rektor Unmer Madiun, belum ada tanda-tanda akan diadakan pemilihan rektor baru.

"Padahal, sebentar lagi akan diadakan wisuda mahasiswa. Dengan ini, BEM mendesak agar segera dilakukan pemilihan rektor baru dan pembenahan pengelolaan kampus," ujar Nasrudin.

Menanggapi desakkan mahasiswa ini, Pjs Rektor Unmer Suwito Sugianto, mengatakan, sesuai dengan prosedur (statuta) yang berlaku di Unmer Madiun, Pjs rektor memiliki legalitas yang sama dengan rektor hanya waktunya yang terbatas yakni tiga bulan saja. Setelah tiga bulan, harus segera dipilih rektor baru secara tetap.

Saat ini Senat dan Yayasan Unmer sedang melakukan pembahasan mengenai pemilihan rektor baru tersebut. Nanti, mahasiswa juga akan dilibatkan dalam proses pemilihan rektor baru tersebut. okezone.com

Template by : kendhin x-template.blogspot.com