Unpad Jajaki Kerja Sama dengan 10 Universitas di Perancis

“Kami ingin lebih mengenal mahasiswa Indonesia dan memperkenalkan perguruan tinggi di Perancis.” Pernyataan itu disampaikan Dr. Dominique Dubois, Atase Kerjasama Ilmiah dan Teknik Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, di sela-sela Pameran Pendidikan Perancis.

Pameran yang bertajuk “Prancis Masuk Kampus” tersebut diselenggarakan di Gedung Rektorat B, Lantai 4, Unpad, Jl. Dipati Ukur, Bandung. Dr. Dubois melanjutkan, selain untuk mengenal secara langsung mahasiswa Indonesia, acara tersebut juga untuk memulai kerjasama antara universitas di Perancis dan Unpad. Sebelumnya memang Unpad telah bekerja sama dengan Universite de La Rochelle, salah satu perguruan tingggi di Perancis Selatan.

Dengan kerja sama ini diharapkan melahirkan hubungan yang lebih erat lagi antara Indonesia-Perancis pada umumnya dan Unpad-Perguruan Tinggi di Perancis khususnya. Jejaring ini akan lebih memuluskan jalan bagi mereka yang ingin belajar di kedua negara tersebut. Pertukaran pengetahuan dan pendidikan akan berlangsung lebih lancar. Di Unpad sendiri, beberapa dosen dan mahasiswa telah belajar di Perancis dengan adanya kerja sama tersebut.

Ia melanjutkan, pemerintah Perancis sendiri menyediakan sekira 50 beasiswa untuk mahasiswa atau pelajar Indonesia yang ingin menimba ilmu di negeri mode tersebut. Jumlah ini belum dengan besiswa dari beberapa perusahaan Indonesia.

“Prancis Masuk Kampus” ini diikuti 10 perguruan tinggi Perancis. Mereka ialah ADIUT, Ecole Centrale de Nantes-Group of Ecoles Centrales, Ecole des Mines de Nantes-GEM, ESC Rennes School of Business, ESIGELEC, ISEP, La Rochelle International Business School, Université de Caen Basse-Normandie, Université Paris 8 Vincennes Saint-Denis, dan Université Paris 10 Nanterre.

Pameran yang berlangsung cukup singkat ini rupanya banyak diminati mahasiswa, dan dosen Unpad dari berbagai fakultas, terutama sivitas Jurusan Sastra Perancis Fakultas Sastra. Hal ini terlihat dari padatnya arena pameran dari sejak dibuka hingga selesai.

Setelah acara “Prancis Masuk Kampus” selesai, para peserta pameran tersebut menghadiri diskusi mengenai peluang kerja sama dengan Unpad. Diskusi tersebut dihadiri Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA., (Rektor Unpad), M. Zeller (Duta Besar Perancis untuk Indonesia), Prof. Dr. Husein Hernadi Bahti (PR Bidang Akademik), Trias Nugrahadi, dr., Sp. KN. (PR Bidang Kemahasiswaan), Ramdan Panigoro, MD, MSc, Phd. (Direktur Bidang Kerja Sama Luar Negeri). Tampak hadir juga Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Hj. Helwiyah Ropi, S.Kp., MCPN., Dekan Fakultas Farmasi Prof. Dr. Anas Subarnas, M.Sc., Apt., Dekan Fakultas Teknik Geologi Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., Dekan FIKOM Prof. Drs. H. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D., dan juga beberapa dosen Unpad lainnya. (antz)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com