Film Situs Megalitikum Terbesar di Asia Tenggara

Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STITSI) bersama Samantha School menggelar film dokumenter bertajuk "Gunung Padang Sejarah atau Pra Sejarah?" di Pusat Kebudayaan Perancis CCF Bandung, Jumat.

Film dokumenter berdurasi 155 menit ini sebelumnya sudah diputar dua kali pada 23 Januari 2009.

Film Dokumenter ini menyajikan informasi tentang Situs Megalitikum terbesar di Asia Tenggara, Gunung Padang, yang terletak di Situs Megalitikum di Kecamatan Campaka, Cianjur Selatan, Jawa Barat.

Situs tersebut merupakan sebuah tempat yang terkait dengan fungsi bangunan mega-struktur purba, astronomi purba, kesenian purba, sekaligus keperluan ritual animisme masyarakat Indonesia purba.

Nama Gunung Padang, menurut sejumlah arkeolog dan sejarahwan, bermakna gunung yang terang.

Peletakan Situs di atas puncak gunung oleh masyarakat Indonesia purba juga diakui para ilmuwan sebagai tempat yang langsung berdekatan dengan kekuasaan alam karena berada pada ketinggian.

Pemilihan tema sejarah dengan objek Gunung Padang dalam film dokumenter ini, menurut Sutradara Yogi Margana dan Ervin Ruhlelana, bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang peradaban budaya Indonesia yang sangat besar.

"Film ini bisa menjawab kedudukan Gunung Padang sebagai tempat manusia purba di zaman sejarah atau pra-sejarah", ujar Ervin.

Menurut Ervin, peluncuran film dokumenter ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan sejarah masyarakat Indonesia. kompas.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com