55 Dokter Hewan Baru FKH IPB Diambil Sumpah

Sebanyak 55 dokter hewan baru dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB) diambil sumpahnya dengan dipandu Dekan FKH IPB Wayan Teguh Wibawan.

Dalam sambutannya Wayan Teguh mengatakan, masyarakat semakin menyadari tentang pentingnya peran profesi dokter hewan di masyarakat. Hal ini dipicu dengan adanya berbagai kasus penyakit zoonosis, yakni penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya, seperti flu burung, anthrax, TBC atau penyakit zoonosis lainnya.

"Posisi dokter hewan menjadi sangat strategis karena kita berada pada lini terdepan dalam penanggulangan penyakit zoonosis, agar tidak terjadi kasus penularan penyakit kepada manusia," papar Wayan Teguh di Auditorium Jannes Humuntal Hutasoit Kampus IPB Darmaga, Bogor seperti dikutip dari IPB online, Rabu (14/1/2009).

Sementara itu Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, para dokter hewan harus bangga, karena sejak lama profesi dokter hewan sudah ada. Namun masyarakat Indonesia kurang memahami peran dokter hewan dibandingkan dokter manusia. Padahal, sebetulnya sama-sama mempunyai kewajiban untuk menyejahterakan dan menyehatkan manusia.

Menurut Herry, dalam hal ini dokter hewan melakukannya melalui upaya penyehatan hewan dan lingkungannya, keamanan produk hewan dan pencegahan penyakit-penyakit bersumber dari hewan yang dapat menular ke manusia atau zoonosis. okezone.com

Template by : kendhin x-template.blogspot.com