Praja IPDN Masih Tinggal di Asrama dan Punya Pengasuh

Meski kini Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tak hanya berada di Jatinangor, namun pola pengasuhan akan tetap dipertahankan di seluruh IPDN regional. Para praja tetap diwajibkan tinggal di asrama dan juga disediakan pengasuh.

" Iya mereka akan tetap tinggal di asrama dan ada pengasuh," ujar Mendagri Mardiyanto usai rapat koordinasi di kampus IPDN, Jalan Raya Jatinangor-Sumedang, Selasa (6/1/2009).

Walaupun begitu, menurut Mendagri, sistem kurikulum dan pengajaran akan diubah. "Untuk kegiatan aktivitas praja akan ditingkatkan pada aktivitas akademik," kata Mardiyanto.

Sementara itu Kepala Kepala Pusat Penerangan Depdagri Saut Situmorang mengatakan mulai tahun ini seluruh pendanaan IPDN ditanggung oleh APBN. "Sekolah dinas ini tetap kepala sekolahnya Depdagri. Jadi kesiapannya harus dari negara," kata Saut.

Hingga bulan Mei 2009, kata Saut, masing-masing regional baru mempunyai dana Rp 2,2 miliar. Sementara hingga akhir tahun dibutuhkan dana Rp 25 miliar.

Kini IPDN tersebar di empat provinsi yaitu IPDN di Jatinangor, Sumedang, Jabar, IPDN di Bukit Tinggi Sumatera Barat, Pekan Baru Riau, dan Makasar Sulawesi Selatan. Masing-masing regional mempunyai satu program bidang studi.detik.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com