BEM Unila Gelar Pendidikan Politik Masyarakat

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lampung melaunching voter education di gedung rektorat perguruan tinggi tersebut hari ini.

Acara yang bertajuk 'Pemilu Kemarin dan Hari Ini' ini terdiri atas pelatihan relawan workshop dan bhakti sosial. Voter education akan dilaksanakan BEM Unila selama sebulan, hingga pertengahan Februari 2009.

"Sasaran acara ini adalah pemilih pemula dan masyarakat di pedesaan. Untuk pendidikan politik," kata ketua pelaksana voter education Haryono Basuki di Lampung, Kamis (29/1/2009).

Haryono mengatakan, ada 50 relawan yang akan diterjukan untuk melakukan edukasi politik. Edukasi akan dilakukan di 20 SMU se-Bandar lampung untuk pemilih pemula, dan desa-desa di 11 kabupaten/kota se Lampung.

Pendidikan politik yang dilakukan, menurut Haryono, meliputi bagaimana cara menyoblos, dan cerdas dalam menyoblos. "cerdas masksudnya bukan mengarahkan pilihan. Namun lebih ke sosok seperti apa yang seharusnya dicoblos," tambah Haryono.

Awal Februari 2009, pelatihan akan difokuskan kepada pemilih pemula. Para relawan akan melakukan pendidikan di 20 SMU di Bandar Lampung. sementara pertengahan Februari, vote education akan difokuskan ke masyarakat.

Menurutnya, para relawan akan berkeliling kabupaten/kota untuk melakukan vote education kepada masyarakat. "Kami akan berkeliling di dua kabupaten dalam sehari," kata Haryono.

Saat ditanya apakah ini sebagai upaya dari BEM Unila membantu KPU menyosialisasikan Pemilu 2009 karena ketiadaan dana. Haryono hanya menjawab retoris. "Pendidikan politik adalah kewajiban semua elemen bangsa," tukasnya. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com