5 Balon Bertarung Rebut Kursi Rektor Unkhir

Lima dosen senior resmi bakal meramaikan bursa pemilihan rektor Universitas Khairun (Unkair) Ternate. Hal itu setelah pihak panitia menutup jadwal pendaftaran pada Rabu kemarin.

Berdasarkan data yang diperolah Okezone hingga batas akhir pendaftaran bakal calon, lima orang tersebut yakni Gufran Hi Ibrahim (pembantu rektor I), Rusman Soleman (pembantu rektor IV), Abdurahman Hoda (dosen fakultas pertanian), Ridha Adjam (dosen fakultas sastra), dan Syawal Abdul Adjid (pembantu dekan III fakultas hukum).

Kelimanya diusulkan masing-masing senat fakultas bahkan beberapa di antaranya diusulkan sejumlah fakultas. Seperti Gufran Hi Ibrahim yang diusulkan fakultas Hukum dan Sastra serta Teknik.

Ridha Adjam diusulkan fakultas Pertanian, Hukum, dan Sastra. Sementara Rusman Soleman diajukan fakultas ekonomi dan sastra, Abdurahman Hoda dari fakultas pertanian dan yang terakhir, Syawal Abdul Adjid diusulkan fakultas hukum.

"Berkas kelima bakal calon (Balon) ini akan digodok termasuk mempelajari berkas dokumen masing-masing figur karena ada calon yang didaftar tanpa diback dokumen sebagai prasyarat," ujar ketua panpel pemilihan Husein Alting pada wartawan.

Kelima calon ini nantinya akan merebut jatah empat kursi yang disediakan untuk dipilih pada pemilihan tahap I tanggal 24 Januari sekaligus penyampaian visi misi bakal calon.

Keempatnya bakal calon tersebut akan dipilih 26 anggota senat universitas untuk diusulkan ke Menteri Pendidikan sebagai Rektor Unkair periode 2009-2012 menggantikan Rivai Umar yang berakhir masa jabatannya pada April nanti.

Rivai sendiri tidak ikut bursa pencalonan karena belum memenuhi syarat yakni pendidikannya minimal S3. Sama seperti Rivai, Syawal pun sepertinya bakal terganjal aturan, karena belum memiliki gelar doktor. Dengan demikian keempat calon minus Syawal bakal mulus hingga putaran kedua nanti. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com