2.200 Mahasiswa di Jabar Bakal Dapat Beasiswa

Pemprov Jabar memberikan 2.200 beasiswa untuk mahasiswa di Jabar. Dua jurusan yang akan mendapatkan beasiswa lebih banyak dibandingkan jurusan lainnya, yaitu kebidanan dan pertanian.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyampaikan hal ini setelah selesai membuka kegiatan verifikasi Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jabar 2009.

2.200 beasiswa tersebut dibagi kedalam 3 kategori, yaitu 600 beasiswa untuk mahasiswa jurusan kebidanan, 600 beasiswa untuk jurusan pertanian dan 1.000 beasiswa untuk mahasiswa dari berbagai jurusan lainnya. Beasiswa jurusan kebidanan ini termasuk juga untuk meng-upgrade bidan yang semula hanya sampai D1 untuk menjadi D3.

Ketika ditanya berapa besarnya beasiswa yang diberikan untuk tiap penerima beasiswa, Heryawan mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui dengan pasti berapa.

"Yang jelas beasiswa itu untuk satu siklus, mulai dari masuk sampai lulus," kata Heryawan. Namun dia menyatakan dana untuk beasisiwa tersebut akan cair pada pertengahan Februari tahun ini.

Selain bantuan beasiswa, tahun ini pemprov Jabar memiliki beberapa program untuk peningkatan pendidikan. Diantaranya pemberian seragam gratis untuk murid-murid tingkat SD dan SMP dengan prioritas utama yaitu murid yang kurang mampu.

"Untuk sementara setengahnya dulu lah,minimal yang ngga mampu yang dikasih seragam gratis," kata Heryawan.

Tahun ini pula, pemprov akan menerbitkan buku gratis untuk 6 mata pelajaran yang masuk ujian nasional. "Insya Allah Juni ini bisa mulai dibagikan," kata Heryawan.

Jika dapat terlaksana dengan baik, di tahun 2010 tidak hanya buku-buku yang akan dujikan saja yang akan diterbitkan. "Tahun 2010 buku untuk semua mata pelajaran akan diterbitkan juga," kata Heryawan.

Menurutnya program ini merupakan langkah pemerintah untuk meringankan biaya sekolah. "Dengan ini semoga tidak ada lagi alasan orangtua yang tidak menyekolahkan anaknya karena mahal," ujarnya.

Tahun 2009 pemprov juga membuat program prioritas utama, diantaranya meningkatkan lama rata-rata sekolah di Jabar. Lama rata-rata sekolah anak-anak di Jabar saat ini hanya 7,6 tahun, yang akan ditingkatkan menjadi 9 tahun. Tahun 2011 Pemprov Jabar juga menargetkan Jabar dalam program Wajar (Wajib Belajar) 12 tahun. detik.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com