Mahasiswa Yapen Butuh Asrama

Sedikitnya 150 mahasiswa dan pelajar Distrik Yapen, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, sangat membutuhkan fasilitas asrama untuk dijadikan tempat tinggal selama menuntut ilmu di Kabupaten Biak Numfor.

Ketua Forum Masyarakat Adat Yapen Wenand Kadiwaru di Biak, mengatakan, kebutuhan pembangunan asrama sangat mendesak dan hal itu telah disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen ataupun DPRD setempat.

"Aspirasi mahasiswa dan pelajar asal Pulau Yapen tentang pembangunan asrama supaya ditindaklanjuti pemerintah dan DPRD sehingga menunjang keberhasilan anak dalam menuntut ilmu di Kabupaten Biak Numfor," imbuh Kadiwaru menanggapi aspirasi mahasiswa Pulau Yapen di Biak.

Ia mengakui, para mahasiswa ataupun pelajar yang bersekolah di Biak harus menyewa rumah sebagai tempat tinggal sehingga berdampak pada peningkatan biaya pendidikan.

Akibat lain karena belum adanya asrama, menurut Kadiwaru, banyak pelajar yang bersekolah gagal melanjutkan pendidikan karena terbentur dengan kemampuan membayar biaya sewa rumah. "Sebagian besar orangtua mahasiswa dan pelajar Pulau Yapen berprofesi sebagai nelayan dan petani sehingga kemampuan keuangannya sangat terbatas," ungkap Kadiwaru.

Ia berharap pemerintah daerah dan kalangan DPRD Pemkab Kepulauan Yapen dapat memprogramkan pembangunan asrama mahasiswa di Kabupaten Biak Numfor melalui kucuran dana otonomi khusus Papua tahun anggaran 2009.

Pihak forum masyarakat adat Pulau Yapen yang berdomisili di Biak, kata Kadiwaru, akan membantu pemkab ataupun DPRD guna menyiapkan areal lahan tempat lokasi pembangunan asrama mahasiswa. "Lokasi lahan untuk rencana pembangunan asrama telah kami siapkan di Kampung Yafdas, ya kami harapkan pemkab dan DPRD dapat menjawab aspirasi mahasiswa ini," ujar Kadiwaru.

Dia menyebutkan, banyaknya mahasiswa dan pelajar Pulau Yapen menuntut ilmu di Kabupaten Biak Numfor karena jarak tempuh menuju kabupaten ini lebih dekat ketimbang ke Serui.

Pulau Yapen berdekatan dengan Kabupaten Biak Numfor menjadi salah satu wilayah kepulauan yang kaya akan potensi perikanan laut.


Template by : kendhin x-template.blogspot.com