Mahasiswa Korea Berkolaborasi Budaya di UGM

Selama tiga pekan sebanyak 24 mahasiswa dari 11 universitas di Korea yang tergabung dalam Pasific Asia Society (PAS) berkunjung ke Universitas Gadjah Madja.

Kedatangan mereka untuk berkolaborasi dengan mahasiswa UGM dari Program Studi Bahasa Korea Fakultas Ilmu Budaya. Kegiatan dalam rangkaian pertukaran budaya dan akademik serta sosial ini dipimpin langsung oleh Kim II Woong serta Lee Chung Pyo selaku penyelia kegiatan selama di Yogyakarta.

"Mereka akan kolaborasi dengan mahasiswa program studi FIB Bahasa Korea di bidang budaya, akademik serta sosial," terang Suray Agung Nugroho, pengelola Program Studi Bahasa Korea FIB Korea, Rabu (4/2/2009).

Suray menambahkan selama tiga pekan di UGM, mahasiswa dari Korea tersebut bersama dengan sekitar 50 mahasiswa program studi bahasa Korea saling mengajarkan bahasa Indonesia dan Korea secara bergantian setiap hari.

Selain itu, mereka pun berkesempatan untuk bertukar kebudayaan masing-masing negara semisal belajar tari Saman dan gamelan, sedangkan mahasiswa Indonesia belajar tari kipas atau berlatih taekwondo. "Jadi selain bahasa, mereka pun bisa berlatih kesenian hingga olahraga pula," jelasnya.

Sementara itu Ketua Kantor Urusan Internasional UGM Rachmat Sriwijaya menambahkan, karena salah satu landasan organisasi PAS adalah menjembatani kebersamaan warga Asia, salah satu kegiatan yang tak terlewatkan yaitu bakti sosial di daerah Bantul dan Gunung Kidul.

Untuk acara penutupan diadakan pada Jumat 6 Februari yang diisi dengan pentas kolaborasi mahasiswa Korea dan Indonesia di auditorium FIB. "Nantinya akan dipentaskan seni tari dan musik antara ke dua negara," jelas Rachmat. okezone.com


Template by : kendhin x-template.blogspot.com